Rabu, 24 Desember 2014

Nasi Goreng Daun Mengkudu Khas Betawi

Nasi Goreng Daun Mengkudu
Apa menu sarapan Anda? Tentu bermacam jawaban yang didapatkan, tetapi Jakarta punya menu sarapan yang beragam dari olahan nasi. Sebut saja nasi uduk, nasi goreng dan nasi kuning.

Tidak hanya masyarakat Betawi yang suka dengan olahan tersebut, tetapi juga masyarakat Indonesia. Jadi, olahan nasi mana yang Anda suka?


Nasi Uduk cukup akrab dengan keseharian penduduk ibukota khususnya, meski di daerah lain juga telah menjamur dan dijual. Namun, sejak dulu nasi uduk telah menjadi ikon Kota Jakarta dan khas Betawi.

Nasi Uduk
Rasa nasi pada nasi uduk sangat khas, gurih dan manis, karena dimasak dengan santan, daun salam sebagai pengharum dan serai untuk menggugah selera. Makanan ini disajikan dengan berbagai jenis lauk, sehingga bisa disantap sesuai selera masing-masing.

Ada yang bilang nasi uduk lebih enak disantap ketika hangat, tetapi ada juga yang suka ketika sudah dingin apalagi dibungkus dengan daun pisang.

Nasi Goreng Betawi. Pernah mendengar atau mencoba olahan yang satu ini? Apa bedanya dengan nasi goreng lain? Makanan yang satu ini memang sudah jarang ditemukan, tetapi ada di Dapur Mak Haji yang berada di Kampung Joglo 21, Jalan Raya Joglo Jakarta Barat.

Nasi Goreng Terasi
Namanya Nasi Goreng Mengkudu, sepintas tampilannya mirip nasi goreng kampung dengan bumbu yang sama, yaitu cabai hijau, bawang merah dan garam yang digiling halus dan ditumis dengan minyak goreng dan nasi putih.

Perbedaannya terletak pada irisan daun mengkudu yang berkhasiat untuk kesehatan, sehingga menghasilkan warna nasi agak kehijauan.

Nasinya digoreng hingga kering tanpa ada minyaknya karena saat menumis bumbu, minyak goreng ditiriskan terlebih dahulu, kemudian dimasukkan nasi dan daun mengkudunya. Makanan ini cocok disajiankan bersama krewedan atau daging tetelan, emping dan acar mentimun.

Selain nasi goreng mengkudu, olahan nasi khas Jakarta yang patut dicoba adalah Nasi Goreng Gila dan Nasi Terasi. Keduanya punya rasa yang khas dan berbeda, serta menggoda selera Anda. Berbicara soal rasa tidak perlu diragukan lagi karena inilah makanan yang digemari oleh masyarakat di Jakarta.

Nasi Kuning identik dengan nasi tumpeng yang disajikan bersama pelengkapnya, seperti telur, ayam, kentang, tempe dan bihun dalam berbagai perayaan. Namun, makanan yang dimasak dengan santan dan aneka bumbu tersebut juga dihidangkan sebagai sarapan, tetapi bedanya tidak dibentuk seperti tumpeng. Meski demikian, beberapa lauk dan sambal yang pedas akan membuat lidah bergoyang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Entri Populer

BossLobster.com

Syuting Steak Kiloan Jl Rawa Domba Duren Sawit

KulinerKuliner.com

KulinerKuliner.com